Siap-Siap kena razia polisi, Jika motor mu pkai Knalpot bising!

razia knalpot bising

Siap-Siap kena razia polisi, Jika motor mu pkai Knalpot bising! – Kepolisian terus akan menangani pengendara sepeda motor yang ugal-ugalan dan menggunakan knalpot bising yang mengusik warga. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memerintah ke semua korps-nya untuk selalu lakukan pengusutan ke pengendara motor yang memakai knalpot berisik. “Kerjakan pengusutan pada pengendara motor dengan knalpot yang mengakibatkan pencemaran suara atau knalpot berisik,” kata Fadil diambil Di antara, Sabtu (20/3/2021).

razia knalpot bising

Faktanya, dari video yang tersebar, beberapa pemilik motor disuruh untuk membedah dan menukar knalpot pada tempat, lho.
Mempunyai knalpot yang bernada ngebas atau bising kemungkinan mempunyai kebanggaan tertentu.Bahkan juga, banyak bengkel modifikasi atau di pasar otomotif yang sediakan elemen pembuangan gas buang ini.

Pergantian knalpot tidak saja mengganti penampilan dan suara tetapi bisa juga mengganti perform motor.
Menyikapi ini, Kasat Lalu Polres Metro Bekasi Kota AKBP Harry Sulistiadi menjelaskan biasanya knalpot yang bising akan dikenakan pasal, dan pada akhirnya ditilang.

Razia ini berjalan di Jl. Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, sob. Tidak tanggung-tanggung, motor yang melalui dengan knalpot berisik langsung ditindak oleh aparatur yang bekerja.

Jika dilihat dari video, agak banyak ditangkap faksi kepolisian, tuch, sob! Ditambah lagi, beberapa anggota tindak tegas untuk pemilik motor supaya melepaskan dan menukar knalpot waktu itu juga.

usri Pulubuhu, Founder and Pelatihan Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), menjelaskan, perintah pengusutan knalpot berisik memang ditata undang-undang. “Wawasan Kapolda masalah knalpot, pendekatan keteraturan untuk pemakai jalan yang ugal-ugalan itu peraturan yang telah ada dan tertuang dalam Undang-Undang jalan raya,” ucapnya ke Kompas.com, Minggu (21/3/2021).

Jusri menjelaskan, kenapa berkesan cuman membidik pesepeda motor karena sekarang ini pencemaran suara yang dibuat knalpot kendaraan terbanyak dari pemakai motor. “Pencemaran suara atau tingkat keributan yakni knalpot terutamanya sepeda motor, karena mereka semakin banyak menggambarkan pencemaran suara itu,” ucapnya.

“Jadi sepanjang operasi keselamatan yang berjalan sekarang ini juga kami akan menangani kenalpot yang bernada berisik yang menggangu telingga,” katanya.
“Jadi jika tidak ingin ditilang ya gunakan knalpot standard pabrik, pabrik itukan membuat semua elemen kendaraan telah disamakan dengan kebutuhan kesalamatan mengemudi bagus untuk sopir dan pemakai jalan,” tutupnya.
Kemudian, beberapa pemilik motor dengan knalpot berisik ditindak penilangan, sob. Kata Kasat Lalu Polres Metro Depok AKBP Andi M. Indra benarkan aktivitas beberapa anggotanya.

Bahkan juga aktivitasnya telah berjalan empat hari. Kata beliau, razia yang dilaksanakan beberapa anggotanya sebagai wujud pengusutan dan antipasi keluh kesah dari warga.
“Jadi Kasat Lalu Polres Metro Depok telah lakukan razia empat ini hari, yang mana aktivitas ini berjalan secara mobile atau hunting sistem.

“Kita terpusat pada pemakaian knalpot berisik, yang mana knalpot berisik ini telah menggelisahkan pada warga,” terang Indra.
Menurut dia, beberapa pemakai knalpot berisik ini telah melalui saran kendaraan, di mana semestinya beberapa motor itu memakai knalpot standard.

“Maksudnya ialah dalam rencana, agar warga pemakai jalan, terutamanya daripada pemakai knalpot berisik ini tidak untuk memakai kembali knalpot itu karena tidak sesuai dengan standarnya,” tambah Indra.

 

Dan info yang beliau berikan, aktivitas razia knalpot berisik terus akan dilaksanakan tanpa batasan saat yang ditetapkan, sob!

Namun, kata Jusri, polisi sebagai penegak hukum perlu memahami dan mengikut referensi saat pengusutan, seperti memakai alat ukur atau sound tingkat mtr.. “Tetapi dalam penegakan ini, dalam permasalahan pencemaran suara harus juga direspon dengan petugas yang memahami realisasinya.
Tidak boleh semacam ini (kemarin), jika di luar negeri telah disomasi,” ucapnya. “Pengusutan knalpot yang melewati batasan tingkat suara bukan dengan alat ukur, tetapi tempatkan kuping pelanggar ditempatkan di knalpot dan dipacu,” kata Jusri.

So, saat ini kita agar lebih arif pada suatu pemakaian barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami
1
Selamat Datang
Ada yang bisa kami bantu? ☺️